Kambing dan Hujan

novel Kambing dan Hujan

Identitas Buku

Judul buku: Kambing dan Hujan
Penulis: Mahfud Ikhwan
Penerbit: Bentang 
Tahun terbit: 2023 (edisi ketiga, cetakan pertama)
Jumlah halaman: 379 hlm.
ISBN: 978-623-186-005-7
Sampul: soft cover
Bahasa yang digunakan: bahasa Indonesia
Platform membaca: buku cetak


Blurb

Miftahul Abrar tumbuh dalam tradisi Islam modern. Latar belakang itu tidak membuatnya ragu mencintai Nurul Fauzia yang merupakan anak seorang tokoh Islam tradisional. Namun, seagama tidak membuat hubungan mereka baik-baik saja. Perbedaan cara beribadah dan waktu hari raya serupa jembatan putus yang memisahkan keduanya, termasuk rencana pernikahan.


Hubungan Mif dan Fauzia menjelma tegangan antara hasrat dan norma agama. Ketika cinta harus diperjuangkan melintasi jarak kultural yang rasanya hampir mustahil mereka lalui, Mif dan Fauzia justru menemukan sekelumit rahasia yang selama ini dikubur oleh ribuan prasangka. Rahasia itu akhirnya membawa mereka pada dua pilihan: percaya akan kekuatan cinta atau menyerah pada perbedaan yang memisahkan mereka. 


Ulasan Singkat

Setelah membaca novel Di Tanah Lada sebagai juara kedua pada Sayembara Novel DKJ 2014, saya tentu penasaran, siapa peraih juara satunya? Semenarik apakah dia?

Di dalam novel Kambing dan Hujan, Mahmud Ikhwan mengisahkan sejoli, Mif dan Fauzia, yang berjuang mendapatkan restu dari orang tua masing-masing karena keduanya tida "sekufu" (lebih sederhananya: beda ormas). Namun, siapa sangka, permasalahan yang datang bukan hanya seputar perbedaan pandangan pada hal-hal fikih, melainkan juga karena adanya cerita di masa silam antardua keluarga yang tampak terlihat rumit untuk dilerai (mengingat keduanya masih dalam satu desa yang sama).

Saya sangat setuju jika novel ini disebut sebagai sebuah dokumentasi sosial yang berharga. Saya yakin, ada banyak yang merasa relate dengan isi cerita dalam novel ini.

Ulasan lebih lengkap bisa dibaca di: Novel Kambing dan Hujan: Sebuah Dokumentasi Sosial yang Begitu Apik


Beli novel Kambing dan Hujan, yang bisa kamu pilih di sini:


Posting Komentar

0 Komentar